Peningkatan Keterampilan Mengarang Narasi dengan Metode Image Streaming di Kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang

Putri, Stevani Anggia (2014) Peningkatan Keterampilan Mengarang Narasi dengan Metode Image Streaming di Kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_STEVANI_ANGGIA_PUTRI_11893_2629_2014.pdf] Text
final_B1_6_STEVANI_ANGGIA_PUTRI_11893_2629_2014.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran mengarang narasi di kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Kesulitan siswa tersebut karena kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengarang narasi siswa kelas V Air Tawar Selatan Kota Padang dengan metode image streaming. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V , dengan jumah siswa 24 orang, yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan dalam menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil penelitian siklus I berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I tahap prapenulisan 68,2 dengan kualifikasi cukup , tahap penulisan 65,3 dengan kualifikasi cukup, dan tahap pascapenulisan 67,7 dengan kualifikasi cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu pada tahap prapenulisan 77,1 dengan kualifikasi baik, tahap penulisan 73,6 dengan kualifikasi baik, dan tahap pascapenulisan 77,4 dengan kualifikasi baik. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat dilihat dari perolehan nilai yang telah mencapai KKM sekolah yaitu 70. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode image streaming dapat meningkatkan keterampilan mengarang narasi di kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengarang Narasi, etode Image Streaming
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:57
Last Modified: 01 Aug 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19397

Actions (login required)

View Item
View Item