Wahyuni, Sri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Kelas V SD Islam Ibnu Syam Kubang Putiah Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRIWAHYUNI_56962_2003_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRIWAHYUNI_56962_2003_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRIWAHYUNI_56962_2003_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SD Islam Ibnu Syam Kubang Putiah bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep IPA karena belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi siswa terbukti dari nilai IPA masih rendah. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas,menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini guru dan seluruh siswa kelas V SD Islam Ibnu Syam Kubang Putiah yang berjumlah 24 orang. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas V SD Islam Ibnu Syam Kubang Putiah. Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase RPP siklus I 69,5 % (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 89 % (sangat baik). Aktivitas guru siklus I 69,5 % ( cukup) dan siklus II meningkat menjadi 88,5 % (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I 65,5 % (cukup) dan siklus II 84,5 % (sangat baik). Rata-rata hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) siklus I 68,87 dan pada siklus II 80,87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Islam Ibnu Syam Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, embelajaran IPA, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:57 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19393 |