Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Ispring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi di SMKN 2 Padangpanjang

Sulastri, Ayu (2013) Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Ispring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi di SMKN 2 Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_AYU_ SULASTRI_02847_1877_2013.pdf] Text
final_B1_06_AYU_ SULASTRI_02847_1877_2013.pdf

Download (479kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMKN 2 Padangpanjang masih ada siswa kelas XI yang memperoleh hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah media pembelajaran yang kurang inovatif dan kualitas pembelajaran yang belum mampu memberi motivasi pada siswa dalam belajar. Untuk itu dilakukan Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran iSpring bertujuan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yang berjenis quasi experimental design dengan model random terhadap subjek (Randomized Control Group Only.), dimana populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Padangpanjang TP. 2012/2013. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif (pilihan ganda) sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Media Aplikasi Pembelajaran iSpring yaitu 76,08, sementara siswa yang tidak menggunakan Media Aplikasi Pembelajaran iSpring yaitu 71,58. Hasil uji hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung (2,32) > ttabel (2,00). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan Media Aplikasi Pembelajaran iSpring dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Aplikasi Pembelajaran iSpring, Quasi Experimental Design, Hasil Belajar, Randomized Control Group Only
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:56
Last Modified: 01 Aug 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item
View Item