Solina, Wira (2012) Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa: Studi Korelasional di SMAN 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIRA_SOLINA_04222_1355_2013.pdf [thumbnail of B1_5_WIRA_SOLINA_04222_1355_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIRA_SOLINA_04222_1355_2013.pdf
Download (542kB)
Abstract
Perlakuan terhadap seorang anak oleh orangtua mempengaruhibagaimana anak itu memandang, menilai, dan mempengaruhi sikap anak tersebutterhadap orangtua serta mempengaruhi kualitas hubungan yang berkembang diantara mereka. Kenyataan yang diperoleh dari fenomena yang terjadi di lapangandapat dilihat banyak siswa yang tidak termotivasi dalam belajar. Penyebabnyaadalah perlakuan orangtua yang kurang baik terhadap anak. Antara lain kegagalandalam memantau anak secara memadai, mendisiplinkan anak yang kurang efektif,dan kurangnya kasih sayang orangtua terhadap anaknya. Hal ini membuat anaktidak termotivasi dalam belajar sehingga anak tidak disiplin dan semangat dalambelajar dan mengutamakan bermain yang akan membuat anak malas, bahkansering bolos di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimanahubungan antara perlakuan orangtua dengan motivasi belajar siswa di sekolah.Jenis penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jenisdeskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XIISMAN 1 Lubuk Alung yang berjumlah 773 siswa dengan sampel 85 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling.Data dikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakanrumus Pearson Product Moment dengan bantuan analisis persentase dan programStatistical Product and Service Solution for windows release 17.0.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perlakuan orangtuaterhadap anak berada pada kategori cukup baik. (2) Motivasi belajar siswadisekolah berada pada kategori cukup tinggi. (3) Terdapat hubungan yangsignifikan antara perlakuan orangtua dengan motivasi belajar siswa disekolahdengan pearson correlation 0.456 dan taraf signifikan 0,000, dengan tingkathubungan cukup berarti.Berdasarkan temuan disarankan: (1)Kepala Sekolah diharapkan dapatmembuat kebijakan agar guru-guru disekolah terutama guru pembimbingbekerjasama secara baik dengan para orangtua siswa sehingga mempermudahpenyelesesaian masalah yang di alami siswa.(2) Guru pembimbing hendaknyacepat tanggap terhadap permasalahan yang ada pada siswa untuk menyelesaikanpermasalahan siswa terutama dalam belajar.(3) Orangtua hendaknya bisamemahami dan mengarahkan anak dengan baik sesuia dengan perkembanganterutama dalam memotivasi anak dalam belajar. Orangtua juga dapatmemperlakukan anak dengan baik sesuai dengan perkembangan, kebutuhan dansituasi yang di alami anak.(4) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kajianini untuk lebih memperluas kajianya yang terkait dengan aspek lain, misalnyakemandirian dalam belajar, konsep diri siswa dan perkembangan socia
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERLAKUAN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 09:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19372 |