Peningkatann Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri No 30 Pasar Lakitan Pesisir Selatan

Weslia, Wiwit (2018) Peningkatann Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri No 30 Pasar Lakitan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WIWIT_WESLIA_57210_572_2018.pdf] Text
final_B1_06_WIWIT_WESLIA_57210_572_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No 30 Pasar Lakitan Pesisir Selatan pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang dengan model Cooperative Learning tipe NHTyang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran sifatsifat bangun ruang dengan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Togetherdi kelas IV SD Negeri No 30 Pasar Lakitan Pesisir Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri No 30 Pasar Lakitan yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) Penilaian RPP Siklus
I diperoleh rata-rata nilai 64,28%, siklus II meningkat menjadi 94,64%, (b)
penilaian aktivitas guru pada siklus I meningkat menjadi 73,61%, dan siklus II
rata-rata nilai 95,83%, (c) penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh ratarata nilai 63,89%, meningkat menjadi 91,67%, (d) penilaian hasil belajar siswa
siklus I pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor diperoleh rata-rata nilai
66,31%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,18%. Dengan demikian ,
model Cooperative Learning tipe Numbered Head Togetherdapat meningkatkan
hasil belajar sifat-sifat bangun ruang di kelas IV SD Negeri No. 30 Pasar Lakitan
Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sifat-Sifat, Cooperative Learning, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:03
Last Modified: 31 Jul 2025 09:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item
View Item