Lianti, Wiwit (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 04 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WIWIT_LIANTI_1108298_1880_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_WIWIT_LIANTI_1108298_1880_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WIWIT_LIANTI_1108298_1880_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Hal ini disebabkan guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, untuk itu agar terjadi suatu pembaharuan maka dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Karena dengan pendekatan konstruktivisme dapat membangun pengetahuan siswa berdasarkan pengetahuan awal yang telah dimiliki melalui pengalaman nyata.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tndakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 04 Sintuk Toboh Gadang . data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi dan tes.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. penilaian RPP siklusI 67,83 (kurang) dan siklus II meningkat menjadi 87,49 (baik). Aktivitas guru siklus I 66,06 (kurang) dan siklus II meningkat menjadi 85,71(baik). Hasil belajar siswa pada siklus I aspek kognitif 69,5 (kurang) afektif siklus I 70,1 (cukup) dan psikmotor siklus I 71,05 (cukup) dan siklus II aspek kognitif 92,5 (sangat baik), aspek afektif siklus II 81,57 (baik) dan aspek psikomotor siklus II 82,77 (baik) dari hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 04 Sintuk Toboh Gadang Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19365 |