Sari, Fifi Fitria (2015) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 4 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FIFI_FITRIA_SARI_54761_5278_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FIFI_FITRIA_SARI_54761_5278_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FIFI_FITRIA_SARI_54761_5278_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan Penerapan Model Pembelajran Cooperative Learning tipe Investigation Group dalam Pembelajran Seni Tari di SMP N 4 Solok. Gutu sudah menggunakan model pembelajaran. Namun masih ada siswa yang masih belum aktif sehingga peneliti tertarik untuk menggunakan model investigation group untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang tedapat pada kelas VIII6, karena hasil belajar siswa masih rendah dikelas VIII6 dibandingkan kelas – kelas yang lainnya. Kegiatan pemebelajaran ini terdiri dari 3 kali pertemuan.data dikumpulkan sesuai instrument penelitian dan dilengkapi dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Data dikumpulkan dengan teknik analisis data untuk diseleksi dan di uji kebenarannya.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan melalui observasi dan tes hasil belajar.Objek penelitian adalah siswa kelas VIII6 di SMP Negeri 4 Solok yang berjumlah 36 orang siswa. Modelinvestigation group adalah salah satu model cooperative learning dimana pembelajaran tari menggunakan sistim kerja kelompok yang tiap kelompoknya terdiri dari 4-6 orang. Setiap kelompok bebas memilih sub topic dari keseluruhan pokok bahasan yang akan diajarkan, dan kemudian menghasilkan kelompok. Selanjutnya, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas untuk membagi dan saling tukar informasi temuan mereka. Model investigation group bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpartisispasi dalam proses social demokratik dengan mengkombianasikan perhatian pada kemampuan antar kelompok dan kemampuan rasa ingin tahu akademis.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajran Cooperative Learning tipe Investigation Group dalam Pembelajran Seni Tari di SMP N 4 Solok mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari aktifitas siswa dengan aspek keseriusan, semangat, kekompakan, dan rasa percaya diri dimana pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai akhir dengan rincian keseriusan Pertemuan I 41,7, Pertemuan II 70,83 dan Pertemuan III 87,5, semangat siswa Pertemuan I 33,2, Pertemuan II 75 dan Pertemuan III 95,83, kekompakan siswa pertemuan I 29,17, pertemuan II 79,17, pertemuan III 87,5, rasa percaya diri siswa pertemuan I 66,67, pertemuan II 79,17, pertemuan III 87,5. Rata-rata nilai pada aktivitas 69,78 yang dikategorikan cukup baik. Pada hasil belajar dari tes hasil belajar yang dilakukan pada Pertemuan IV nilai tengah siswa 8,6 dengan kategori Baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning, group investigation, pembelajaran seni tari, SMP Negeri 4 Solok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19358 |