Handayani, Wiki (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jeopardy Review terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WIKI_HANDAYANI_12820_5404_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_WIKI_HANDAYANI_12820_5404_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WIKI_HANDAYANI_12820_5404_2013.pdf
Download (883kB)
Abstract
Materi koloid merupakan materi yang berisi fakta dan uraian yang bersifatkontekstual dan menuntut siswa untuk banyak pemahaman. Materi ini harussering diulang-ulang agar siswa tidak mudah lupa, oleh karena itu diperlukansuatu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa mengingat ulang apayang telah dipelajari. Salah satunya adalah strategi pembelajaran aktif tipeJeopardy Review. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapanstrategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review terhadap hasil belajar siswa padamateri koloid di SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitianeksperimen, dengan rancangan “Randomized Control-Group Posttest OnlyDesign”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padangtahun ajaran 2012/2013 dan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelaseksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tesobjektif sebanyak 30 buah yang telah diujicobakan. Dari hasil penelitian diperolehnilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (85,59) dan kelas kontrol(79,56). Uji normalitas dan homogenitas tes hasil belajar kedua kelas sampeldiperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai variansyang homogen. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajatkebebasan (dk) sebesar 62 diperoleh thitung sebesar 3,38 sedangkan ttabel sebesar1,67. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa yang menggunakanstrategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review lebih tinggi secara signifikandibandingkan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif, Jeopardy Review, Hasil Belajar, Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19355 |