Pengaruh Metode The Learning Cell terhadap Keterampilan Membaca di Kelas IV SDN 06 Padang Besi Kota Padang

Safitri, Wiwid (2017) Pengaruh Metode The Learning Cell terhadap Keterampilan Membaca di Kelas IV SDN 06 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WIWID_SAFITRI_1300488_24510_2017.pdf] Text
final_B1_06_WIWID_SAFITRI_1300488_24510_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa untuk membaca khususnya dalam keterampilan membaca pemahaman. Pembelajaran pada umumnya berpusat pada guru, kurangnya keterlibatan siswa antar siswa yang lebih mendominasi pembelajaran untuk mencari pengetahuanya sendiri dalam suatu bacaan yang dibaca. Dari proses pembelajaran seperti itu berdampak pada hasil keterampilan membaca siswa yang rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model The Learning Cell terhadap keterampilan membaca pemahaman di kelas IV SDN 06 Padang Besi Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi experimen). Rancangan pada penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 06 Padang Besi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, serta penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan berdasarkan hasil nilai ulangan harian membaca siswa. Maka berdasarkan nilai tersebut didapatkan hasil kelas IV.B dijadikan kelas eksperimen dan kelas IV.A dijadikan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes keterampilan membaca dengan 30 soal objektif. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakanr umust-test yang didahului dengan uji prasyaratan alisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh moetode The Learning Cell terhadap keterampilan membaca pemahaman di kelas IV SDN 06 Padang Besi. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (2,8509) > t tabel (2,0180) hal ini dikarenakan pada pembelajarannya menggunakan metode The Learning Cell dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan sehingga siswa lebih mudah memahami isi dari bahan bacaan yang dibaca. Dilihat berdasarkan hasik t-test tersebut menunjukkan keterampilan membaca diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 83,36 dan mean yang diperoleh kelompok control sebesar 69,23.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode The Learning Cell, membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:29
Last Modified: 31 Jul 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19349

Actions (login required)

View Item
View Item