Celina, Wisnamah (2017) Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kec. Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WISNAMAH_CELINA_1305021_4262_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_WISNAMAH_CELINA_1305021_4262_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WISNAMAH_CELINA_1305021_4262_2017.pdf
Download (991kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang masih berpusat kepada guru sehingga pembelajaran PKn berlangsung kurang menyenangkan. Disamping itu, hasil belajar PKn siswa belum mencapai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan Menerapkan model kooperatif tipe think-pair-share bagi siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengamati peningkatan kemampuan berpikir siswa dan tindakan yang dilakukan dangan lembar tes untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 34 orang di kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang.
Hasil penelitian dari pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 yaitu 76,79% ( kualifikasi baik) meningkat pada siklus II yaitu 96,42 (kualifikasi sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I pertemuan 1 yaitu 75% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (kualifikasi sangat baik), pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 71,43% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 89,2% (kualifikasi sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 yaitu 76,28% (kualifikasi cukup) pada siklus II meningkat menjadi 89,5% (kualifikasi sangat baik). Hal ini menunjukkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19338 |