Nst, Rihin Think Nur (2016) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIHIN_THINK_NUR_NASUTION_1205740_3455_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIHIN_THINK_NUR_NASUTION_1205740_3455_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIHIN_THINK_NUR_NASUTION_1205740_3455_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu materi kimia di kelas XI MIA adalah asam basa. Terdapat LKS eksperimen asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang sudah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum diuji efektifitasnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan LKS eksperimen asam basa berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan model penelitian adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling terpilih kelas XI MIA 1 menjadi kelas ekperimen dan kelas XI MIA 4 menjadi kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Dari analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan LKS eksperimen asam basa berbasis inkuri terbimbing memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,77 dan kelas kontrol yang menggunakan LKS eksperimen yang tidak berbasis inkuiri terbimbing dengan nilai 62,03. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga thitung > ttabel. Hal ini berarti hipotesis H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan LKS eksperimen asam basa berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi secara signifikan daripada LKS eksperimen asam basa yang tidak berbasis inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen, Asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19324 |