Wati, Wahyuni Mardi (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual pada Kurikulum 2013 untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_WAHYUNI_MARDI_WATI_1201499_977-2016.pdf [thumbnail of B1_07_WAHYUNI_MARDI_WATI_1201499_977-2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_WAHYUNI_MARDI_WATI_1201499_977-2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Strategi pembelajaran kontekstual merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk membangun dan memahami konsep serta mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 1 Solok. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan rancangan penelitian model Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA SMAN 1 Solok tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling dimana Kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran kontekstual memperoleh nilai rata-rata 87,47 sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran kontekstual memilki nilai rata-rata 81,47. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen sehingga untuk menguji hipotesis dilakukan uji t. Setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai t sebesar 2,60 yang lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel) dimana hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual berpengaruh positif dengan meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan hasil belajar tanpa strategi pembelajaran kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 1 Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:23 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19314 |