Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan mengunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 16 Cacang Randah Kecamatan Tanjung Mutiara Kaupaten Agam

Wirdawati, Wirdawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan mengunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 16 Cacang Randah Kecamatan Tanjung Mutiara Kaupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WIRDAWATI_ 52476_5073_2013.pdf] Text
final_B1_06_WIRDAWATI_ 52476_5073_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SD Negeri 16 Cacang Randah yang dilaksanakan pada kelas IV bahwa kurang terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, pembelajaran yang masih bersifat konvensial serta pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa kurang berkembang dengan baik serta metode yang di pakai guru dalam pembelajaran yang monoton, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 16 Cacang Randah kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom action researeh ) dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 16 Cacang Randah. Data penelitian ini di peroleh dari tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu : 1). Perencanaan. 2). Pelaksanaan. 3). Pengamatan dan. 4). Refleksi
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, di peroleh persentase perencanaan siklus I adalah 69 %, siklus II adalah 96%. Hasil kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa yang di amati observer di peroleh siklus I asfek guru 75 % dan asfek siswa 75%, siklus II dari asfek guru 96% dan asfek siswa 96%. Dan rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus 1 adalah 71,1 dan siklus II pertemuan adalah 80,20. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learnig tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelas IV SDN 16 Cacang Randah Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Model, Cooperative learning, dan Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:23
Last Modified: 31 Jul 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item
View Item