Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 7 Padang

Riga, Riga (2013) Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RIGA_12812_1196_2013.pdf] Text
final_B1_7_RIGA_12812_1196_2013.pdf

Download (742kB)

Abstract

Kecendrungan guru dalam mendominasi proses pembelajaran membuat siswa hanya sekedar mengetahui tentang konsep-konsep tersebut tanpa memahaminya dengan baik. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan dalam materi termokimia. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model quantum learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Termokimia di SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak dengan teknik Purposif Sampling dan dipilih kelas XI IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA1 sebagai kelas kontrol. Dari analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan model quantum learning memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,8 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan nilai 66,56. Setelah dilakukan uji-t’ pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga t’ berada diluar daerah penerimaan Ho. Hal ini berarti hipotesis H1 atau hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model quantum learning pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model quantum learning, hasil belajar siswa, materi termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:22
Last Modified: 31 Jul 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item
View Item