Maisuhelta, Windy (2017) Strategi Pembelajaran Seni Musik untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WINDY_MAISUHELTA_1103520_4528_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_WINDY_MAISUHELTA_1103520_4528_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WINDY_MAISUHELTA_1103520_4528_2017.pdf
Download (966kB)
Abstract
Peningkatan kualitas pembelajaran harus selalu diupayakan agar mutu
pendidikan meningkat dari waktu ke waktu. Kualitas pendidikan berkaitan dengan
strategi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Hasil pembelajaran itu
dapat dikatakan berhasil apabila lulusan memiliki mutu tinggi dan sesuai dengan
kebutuhan masyarakat. Penelitian tentang strategi pembelajaran seni musik
dilakukan di SMP Negeri 4 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Topik tersebut
dipilih mengingat prestasi yang dicapai siswa SMP Negeri 4 Bayang rata-rata
sangat bagus. Tujuan penelitian dengan topik tersebut adalah untuk menemukan
dan mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Seni Musik Untuk Peningkatan
Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bayang. Penelitian dilakukan
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Data-data
dikumpulkan dengan teknik studi pustaka, observasi, dan wawancara, yang
bersumber dari data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada enam (6) strategi yang
dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran seni musik di kelas VIII.1 siswa
SMP Negeri 4 Bayang, antara lain adalah: 1) Strategi persiapan pembelajaran.
Langkah utama yang dilakukan guru dengan pembuatan RPP yang berorientasi
kepada kurikulum dan silabus yang digunakan; 2) Strategi pengelolaan pada
masing-masing kelas; 3) Strategi penggunaan media pembelajaran. Guru
mengarah pada persiapan dan memanfaatkan media dan alat belajar yang sesuai
dengan materi dan sarana yang tersedia sekolah; 4) Strategi pendekatan untuk
memotivasi siswa. Strategi pendekatan motivasi oleh guru didukung peran serta
sekolah dengan menyediakan sarana pendukung pembelajaran yang baik; 5)
Strategi evaluasi dan pengambilan nilai. Pada strategi ini guru mengadakan
pengambilan nilai tidak hanya pada UTS dan UAS, namun dengan mengadakan
ulangan harian setelah penyelesaian Kompetensi Dasar; 6) Strategi pengembangan
pengalaman belajar seni musik siswa. Pada strategi ini guru melakukan
pengembangan aktifitas belajar siswa, dengan memperbanyak aktivitas belajar
praktek musik dibandingkan dengan belajar teori musik, namun dengan tidak
mengesampingkan teori yang tetap hadir sepanjang berjalannya pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Peningkatan prestasi belajar, SMP Negeri 4 Bayang |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19293 |