Putra, Rifki Aska (2012) Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X di SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIFKI_ASKA_PUTRA_94161_2258_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIFKI_ASKA_PUTRA_94161_2258_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIFKI_ASKA_PUTRA_94161_2258_2012.pdf
Download (386kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara displin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar tenik siswa kelas X SMK N 1 Pariaman. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu displin belajar dan hasil belajar gambar teknik. Untuk mengungkapkan bagaimana hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa digunakan beberapa dimensi yang dapat menjabarkan kedua variabel tersebut.
Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menginterprestasikan data dan menghitung besar korelasi yang dimilikinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Pariaman berjumlah 83 orang dan diambil sampel uji coba sebanyak 30 orang, sehingga sisanya sebanyak 53 orang dan 45 orang dijadikan responden untuk penelitian.
Dari hasil analisis penelitian diperoleh secara umum disiplin belajar siswa dalam pembelajaran dalam kategori sangat baik, dimana dari 45 siswa yang menjadi responden penelitian ini ternyata 64,4% siswa menunjukkan persepsi dalam kategori baik terhadap disiplin belajar. Hal tersebut tentunya berkaitan erat dengan hasil belajar yang di capai oleh siswa, hal ini di buktikan dengan hasil nilai akhir semester 2 Juli-Desember yang di peroleh siswa. Dimana setelah diketahui melalui distribusi frekuensi dari 45 siswa ternyata 82,2% memperoleh nilai dalam kategori sedang. Harga koefesien korelasi diperoleh sebesar 0,4536 dimana harga rtabel = 0,294, karena rhitung > rtabel , maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa kelas X di SMK N 1 Pariaman, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, Hasil belajar, Gambar teknik, Korelasi signifikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19292 |