Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara

Yuliza, Sri (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI_YULIZA_11885_2511_2013.pdf] Text
final_B1_6_SRI_YULIZA_11885_2511_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, ditemukannya permasalahan pada pembelajaran membaca pemahaman yaitu kurangnya kemampuan siswa menemukan kalimat utama bacaan. Kesulitan siswa tersebut disebabkan karena kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru sehingga, hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 25 Air Tawar Selatan dengan model cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah cooperative script yang merupakan model pembelajaran dengan melibatkan siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Subjek penelitian ini 23 orang siswa dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dirancang dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan, ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai angka 70.9. Nilai rata-rata pada tahap prabaca adalah 65.2 tahap saatbaca hanya mencapai angka 67.9, sedangkan pada tahap pascabaca 79.6. Peningkatan proses pembelajaran terjadi pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 83.5. Tahap prabaca pada siklus II ini meningkat menjadi 76.0 , kemudian pada tahap saatbaca yang kedua yaitu saatbaca mencapai angka 84.8 sedangkan pada tahap terakhir pada siklus II ini yaitu tahap pascabaca berhasil mencapai rata-rata 89.6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:28
Last Modified: 31 Jul 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item
View Item