Haq, Jannatun Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Memperbaiki CD Player Siswa Kelas XI Audio Video di SMK Negeri 1 Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_JANNATUN_MUHAMMAD_HAQ_1201921_1973_2019.pdf [thumbnail of B1_5_JANNATUN_MUHAMMAD_HAQ_1201921_1973_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_JANNATUN_MUHAMMAD_HAQ_1201921_1973_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe ETH dengan model pembelajaran Kooperatif murni atau pembelajaran lansung pada mata pelajaran Memperbaiki CD Player kelas XI Teknik Audio Video semester ganjil SMK Negeri 1 Sutera Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini bersifat quasi experimental. sebagai kelas kontrol adalah XI TAV B menggunakan model pembelajaran Kooperatif murni atau pembelajaran lansung dan kelas eksperimen adalah XI TAV A menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe ETH. Teknik pengumpulan dilakukan dengan pemberian post-test setiap pertemuan, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 80.47, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76.47. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 2.739 > 1.688, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe ETH lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif murni.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:51 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19277 |