Rahmi, Sri Yatul (2015) Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di kelas III SDN 33 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_YATUL_RAHMI_1207391_1227_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_YATUL_RAHMI_1207391_1227_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_YATUL_RAHMI_1207391_1227_2016.pdf
Download (645kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang masih belum tepat melaksanakan pembelajaran tematik dan menerapkan model- model dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomor rendah disebabkan siswa tidak terlibat langsumg dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 33 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam yang berjumlah 12 orang. Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dari aspek guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I penilaian terhadap perencanaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata 71.4 % (baik) meningkat menjadi 85.7% (sangat baik) pada siklus II, aktifitas guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 72.7% (cukup), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85.1% (sangat baik). Aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 71% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 89.1% (sangat baik). Penilaian hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 69.2 % (cukup) pada siklus I, meningkat menjadi 77,7% (baik) pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:38 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19262 |