Mahmudah, Rifaah (2013) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling (Bola Salju) Pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIFAAH_MAHMUDAH_96947_6036_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIFAAH_MAHMUDAH_96947_6036_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIFAAH_MAHMUDAH_96947_6036_2013.pdf
Download (530kB)
Abstract
Materi Hidrokarbon berisikan fakta yang butuh eksperimen, konsep, serta prinsip yang membutuhkan pemahaman siswa. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan pada tanggal 5 dan 6 Maret 2013, menyatakan bahwa semangat dan aktifitas siswa saat proses pembelajaran hidrokarbon masih rendah. Salah satu kreatifitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan startegi Pembelajaran Aktif tipe Snow Balling. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh strategi Pembelajaran Aktif tipe Snow Balling terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Hidrokarbon kelas X di SMA Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group posttest Only Design. Populasi penelitian ini ialah semua siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik Random Sampling, dan diperoleh kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diakhir penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas yang menggunakan strategi Pembelajaran aktif tipe Snow Balling (Bola Salju) memiliki nilai rata-rata (69,77) sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (67,52). Hasil uji normalitas dan homogenitas dari tes akhir kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan thitung = 0,81 dengan ttabel = 1,67 artinya thitung < ttabel,. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling pada materi Hidrokarbon kelas X SMA Negeri 16 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran aktif, snow balling, materi hidrokarbon, SMA N 16 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19254 |