Yusmaniarti, Nita (2012) Pengembangan Handout IPA Fisika Berbentuk Komik untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NITA_YUSMANIARTI_86266_708_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NITA_YUSMANIARTI_86266_708_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NITA_YUSMANIARTI_86266_708_2012.pdf
Download (635kB)
Abstract
Handout berbentuk komik merupakan salah satu bahan ajar yang dapat merangsang anak untuk belajar melalui gambar yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas desain handout berbentuk komik. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu Handout berbentuk komik dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyalaian, X Koto yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan menurut guru dan siswa, lembar keterlaksanaan Handout dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, deskripsi desain handout berbentuk komik terdiri dari lima bagian yaitu cover, standar kompetensi, kompetensi dasar, ringkasan materi, dan sumber rujukan. Kedua, handout berbentuk komik memiliki validitas sangat tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 81,13. Ketiga, penggunaan handout berbentuk komik adalah sangat praktis dengan nilai kepraktisan menurut tanggapan guru 86,40. Keempat, penggunaan Handout berbentuk komik dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswa secara berarti dalam pembelajaran dengan rata-rata nilai kepraktisan dengan menggunakan uji-t berkorelasi sebagai t adalah 34,88 yang lebih besar dari t dengan nilai 2,04.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, komik, pembelajaran IPA-Fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19250 |