Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pertanyaan Menggali untuk Siswa kelas I SD Semen Padang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Martinda, Eli (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pertanyaan Menggali untuk Siswa kelas I SD Semen Padang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELI_MARTINDA_07627_164_2013.pdf] Text
final_B1_6_ELI_MARTINDA_07627_164_2013.pdf

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara sudah dilaksanakan selama ini tetapi belum terlaksana secara optimal karena guru lebih menfokuskan pembelajaran membaca dan menulis, sehingga hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai KKM. Penyebabnya adalah guru masih cenderung mendominasi kelas sehingga siswa bersifat pasif dan menerima, guru belum menerapkan keterampilan bertanya untuk menggali jawaban siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan pertanyaan menggali untuk siswa kelas I SD Semen Padang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Semen Padang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pembelajaran tahap prabicara, tahap bicara dan tahap pasca bicara.
Hasil penelitian dari pembelajaran keterampilan berbicara pada siklus I adalah tahap prabicara 70,53, saat bicara 73,01, pasca bicara 73,21. Sedangkan nilai rata-ratanya 72,25. Pada siklus II nilai siswa meningkat menjadi, tahap prabicara 85,71, saat bicara 83,70, pasca bicara 82,14, sedangkan nilai rata ratanya 83,85. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui pertanyaan menggali dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Pertanyaan menggali, Siswa SD, PTK, Pembelajaran aktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:36
Last Modified: 31 Jul 2025 05:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item
View Item