Saputra, Iwan (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Bermuatan Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Rao Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IWAN_SAPUTRA_16028_5842_2014.pdf [thumbnail of B1_5_IWAN_SAPUTRA_16028_5842_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IWAN_SAPUTRA_16028_5842_2014.pdf
Download (930kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa di
sekolah, banyak siswa belum mencapai nilai KKM dari pembelajaran Fisika yang
diterapkan sekolah. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dilibatkan secara aktif
dalam proses pembelajaran, siswa terlihat bosan dengan tipe pembelajaran yang
diberikan. Interaksi dalam belajar hanya berlangsung satu arah saja. Kurangya
karakter yang tumbuh dari diri siswa ketika pembelajaran, karena tidak adanya
bahan ajar yang menuntun perubahan karakter siswa. Untuk mengatasi hal
tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menggunakan LKS
berorientasi pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw bermuatan nilai
karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS
berorientasi pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw bermuatan nilai
karakter terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMAN 1 Rao Pasaman.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
“(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “The Randomized Posttest only
Control Group”. Populasi adalah siswa kelas X SMAN 1 Rao Pasaman yang
terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian
meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah
psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes lembaran hasil belajar, lembar
observasi ranah afektif (karakter) dan ranah psikomotor. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t.
Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan, hasil belajar ranah kognitif
secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 82 dan di kelas kontrol adalah 77.
Hasil belajar pada ranah afektif secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 83,2
dan di kelas kontrol adalah 78,5. Hasil belajar ranah psikomotor secara rata-rata
adalah 83 dan di kelas kontrol adalah 78,9. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata
pada ranah kognitif diperoleh ������� = 3,57 dan ������ = 1,67. Perhitungan uji
kesamaan dua rata-rata pada ranah afektif diperoleh ������� = 2,47 dan
������=1,67. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata pada ranah psikomotor
diperoleh ������� = 3,21 dan ������ = 1,67. Berarti pada ketiga ranah diperoleh
thitung> ttabel, sehingga hipotesis diterima pada taraf nyata 0,05. Kesimpulan dari
hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS
berorientasi pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw bermuatan nilai
karakter terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMAN 1 Rao Pasaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:36 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19242 |