Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing di Kelas IV SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi

Aulia, Nisa (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing di Kelas IV SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NISA_AULIA_1204925_4629_2016.pdf] Text
final_B1_6_NISA_AULIA_1204925_4629_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu kurang mampunya siswa mengeluarkan pendapat dan kurangnya disiplin dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan pembelajaran yang kurang mengasah siswa dalam mengeluarkan pendapat sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian dalam pembelajaran IPS melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Kancing Gemerincing. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah PTK, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) tindakan dan pengamatan dan (4) refleksi The aim of this research is to improve the students‟ learning outcomes in learning social science by using the Kancing Gemerincing type of the Cooperative Learning model at grade 4 th of SDN 05 Birugo, Bukittinggi. The design of the research was class action research by using both qualitative and quantitative approaches. In the first meeting, the student‟s learning outcomes improved from 74,9 in cycle I to 82,6 in cycle II. In the second meeting the average score enhanced to 89,1 in cycle II. Thus, Kancing Gemerincing type of the Cooperative Learning model can improve students‟ learning outcomes of social science at 4 grade of SDN 05 Birugo, Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, cooperative learning, tipe kancing gemerincing, siswa kelas IV, SDN 05 Birugo, Kota Bukittinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:35
Last Modified: 31 Jul 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item
View Item