Hana, Aulia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDN 01 Batu Balang Kecamatan Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_AULIA_HANA_17129195_4599_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_AULIA_HANA_17129195_4599_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_AULIA_HANA_17129195_4599_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, siswa yang belum mengetahui tujuan dari pembelajaran yang akan dipelajarinya, siswa belum terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dan siswa belum terbiasa untuk saling bertukar pendapat saat proses pembelajaran berlangsung karena jarangnya guru menerapkan pembelajaran dalam kelompok. Sehingga hal tersebut berdampak kepada hasil belajar siswa yang mayoritas masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Batu Balang yang berjumlah 29 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri 1pertemuan. Instrumen penilaian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: penilaian RPP siklus I dengan rata-rata 81,94% (baik), penilaian RPP siklus II dengan rata-rata 91,66% (sangat baik), pelaksanaan aktivitas pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,24% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aktivitas aspek siswa siklus I yaitu 81,24% (baik) dan pada siklus II 93,75% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 79,40 dengan persentase keberhasilan 68,96% , meningkat pada pertemuan II dengan perolehan rata-rata yaitu 85,31 dengan persentase ketuntasan 96,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tematik Terpadu, Model kooperatif tipe STAD, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19236 |