ELIZABET, NIRWENTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas V SD Negeri 03 Pujarahayu Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NIRWENTI_ELIZABET_57156_5005_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NIRWENTI_ELIZABET_57156_5005_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NIRWENTI_ELIZABET_57156_5005_2012.pdf
Download (966kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 03 Pujarahayu Pasaman Barat dengan latar belakang hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih rendah pembelajaran hanya dipusatkan pada guru dan belajar hanya berupa hapalan semata sehingga tidak mendorong siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, yang pada akhirnya pembelajaran tidak dapat diharapkan secara optimal. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dilakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 03 Pujarahayu Pasaman Barat. Pada siklus I pertemuan I rata-rata nilai dari RPP 60,71 dan rata-rata nilai aspek guru 64,29 sedangkan rata-rata aspek siswa 53,57 serta rata-rata nilai hasil belajar adalah 66,8. Pada siklus I pertemuan II ratarata nilai dari RPP 75 dan rata-rata aspek guru 82,14 sedangkan rata-rata aspek siswa 75 serta rata-rata hasil belajar adalah 73,9. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata dari RPP 92,86 dan nilai rata-rata aspek guru 92,86 sedangkan rata-rata aspek siswa 89,29 serta rata-rata hasil belajarnya adalah 78,2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dikelas V SD Negeri 03 Pujarahayu Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar PKn, model pembelajaran langsung, siswa kelas V, SDN 03 Pujarahayu, Pasaman Barat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19235 |