Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan kontruktivisme di kelas IV SDN 09 Koto Pulai Pesisir Selatan.

Wahyuni, Sri (2016) Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan kontruktivisme di kelas IV SDN 09 Koto Pulai Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI_WAHYUNI_1108428_5212_2016.pdf] Text
final_B1_6_SRI_WAHYUNI_1108428_5212_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti terhadap hasil belajar siswa rendah dalam pembelajaran KPK dan FPB di kelas IV SDN 09 Koto Pulai masih belum maksimal. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga siswa kurang mengerti dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme, karena pendekatan kontruktivisme ini berorientasi pada siswa, dan siswa yang menemukan konsep dari KPK dan FPB itu sendiri. Dan untuk meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pada a) perencanaan siklus I 81%, (baik) dan siklus II 94%, (sangat baik), b) aktivitas guru siklus I 75%, (baik) dan siklus II 89% (sangat baik) dan aktivitas siswa siklus I 73% (cukup), siklus II 89% (sangat baik), c) Hasil belajar siswa pada siklus I adalah dari aspek kognitif adalah 72,5%,(cukup), afektif 60% (kurang) dan psikomotor 67,5%,(kurang) dan untuk siklus II hasil belajar meningkat, aspek kognitif meningkat menjadi 90% (sangat baik), afektif 85% (baik) dan psikomotor 90% (sangat baik), hal ini menunjukkan bahwa pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB siswa di SDN 09 Koto Pulai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontruktivisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:35
Last Modified: 31 Jul 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item
View Item