Nelwita, Nipma (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan model Kooperatif Tipe Co-op Co-op di Kelas IV SDN 07 Koto Alam Kampung Tangah Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NIPMA_NELWITA_52517_3605_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NIPMA_NELWITA_52517_3605_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NIPMA_NELWITA_52517_3605_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 07 Koto Alam Kampung Tangah Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya metode dan model pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran IPS, guru yang berperan aktif sementara siswa lebih banyak diam dan mendengarkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Co-op Co-op. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar observasi/pengamatan, dan lembar tes dengan subjek guru dan siswa kelas IV SDN 07 Koto Alam Kampung Tangah Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Padasiklus I memperoleh persentasi rata-rata 74,99% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,43% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan aspek guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentasi rata-rata 76,39% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 91,67% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan aspek siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentasi rata-rata 70,84% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kriteria sangat baik. Pada hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar 66,90% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi 85,67% dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Koto Alam Kampung Tangah Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPS, model kooperatif tipe Co-op Co-op, siswa kelas IV, SDN 07 Koto Alam Kampung Tangah, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19230 |