Wahyuni, Sri (2013) Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Seni Musik di SMA N 4 Muara Bungo Provinsi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_WAHYUNI_96678_6252_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_WAHYUNI_96678_6252_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_WAHYUNI_96678_6252_2013.pdf
Download (466kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan tutor sebaya pada pembelajaran seni musik di SMA N 4 Muara Bungo, Provinsi Jambi. Jenis penelitian tergolong penelitian terapan yakni penerapan metode tutor sebaya dengan pendekatan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tutor sebaya diterapkan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan tutor sebaya diberikan kepada siswa sesuai dengan materi semester berjalan yaitu : SK : 12. Mengekspersikan diri melalui karya musik daerah setempat. KD 12.1 : Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik non tradisional setempat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam lagu Rangkayo Hitam terutama berkaitan dengan materi teknis menyanyi yang baik mulai dari legato, cengkok dan teknik vibra, mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar yang baik, terlihat dari penguasaan materi ajar yang ditunjukkan siswa dan pencapaian hasil belajar rata-rata siswa di atas standar ketuntasan minimal (SKM) 71.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Seni Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19229 |