Anderi, Alan (2014) Penghambat dalam Proses Belajar Mengajar Seni Musik di SMP N 23 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ALAN_ANDERI_04849_4769_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ALAN_ANDERI_04849_4769_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ALAN_ANDERI_04849_4769_2014.pdf
Download (765kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya khususnya pembelajaran seni musik di SMP N 23 Padang, tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian adalah yang menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar seni musik di SMP N 23 Padang.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP N 23 Padang, terdapat hambatan pembelajaran seni musik yang harus segera diatasi. Peneleliti melihat pembelajaran seni musik yang sering kali diabaikan. Dan hal tersebut terlihat dari tidak adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, respon siswa dalam pembelajaran berlangsung, penguasaan kelas guru yang tidak baik.Subjek dalam penelitian ini adalah guru seni budaya khususnya pada seni musik di SMP N 23 Padang. Dari hasil data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memuat beberapa hambatan yang sangatmemungkinkan untuk menjadi penghambat pembelajaran seni budaya khususnya pembelajaran seni musik, yakni guru itu sendiri.
Secara umum, hasil penelitian yang diperoleh adalah semua penghambat dalam PBM seni musik sangat mempengaruhi ketidakberhasilan pembelajaran seni musik. Namun, yang paling dominan berasal dari guru itu sendiri yang tidak berkompeten dalam pembelajaran seni musik. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru seni musik belum melakukan suatu tindakan nyata untuk sungguhsungguh mengatasi hambatan tersebut. Melihat hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan pembelajaran adalah masalah yang kompleks dan benar-benar harus diperhatikan. Oleh karenanya, sekecil apapun penghambatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran harus diperhatikan. Dan sekali lagi, guru sebagai pemeran kendali utama di kelas pun harus berbenah diri untuk selalu mengadakan inovasi dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Mengajar, Seni Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19226 |