Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi di SMP Negeri 20 Padang

Putri, Rita Ratna (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi di SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RITA_RATNA_PUTRI_1504_1106157_2018.pdf] Text
final_B1_06_RITA_RATNA_PUTRI_1504_1106157_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 20 Padang masih menggunakan pendekatan teacher centered approach yaitu pendekatan yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bernyanyi di kelas VII.2 SMP Negeri 20 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi di kelas VII.2 SMP Negeri 20 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri dan peneliti dibantu dengan instrumen pendukung berupa catatan observasi, daftar wawancara dan kamera foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan jenis data yang digunakan pada penilitian ini adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 20 Padang bisa dikatakan baik dalam bernyanyi karena adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pertemuan kedua. Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah diimplementasikan dengan baik pada saat proses pembelajaran, untuk mencapai pembelajaran itu secara maksimal dibutuhkan waktu untuk latihan praktek bernyanyi dan juga pengetahuan guru pada teori musik. Pembelajaran seni budaya berpusat pada guru atau menggunakan strategi pembelajaran ekspositori atau bertutur yang disertai dengan praktek langsung di kelas. Kemampuan bernyanyi siswa pada lagu Bungo Parawitan di kelas VII.2 sudah bisa dikatakan baik karena didapatkan hasil dari 30 orang siswa 80% telah mencapai nilai di atas rata-rata

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bernyanyi, Pendidikan seni musik, Strategi pembelajaran vokal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:34
Last Modified: 31 Jul 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item
View Item