Peningkatan Kemampuan membaca pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review and Reflect) Bagi Siswa Kelas V SDN 48 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang

Fitri, Nilda (2013) Peningkatan Kemampuan membaca pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review and Reflect) Bagi Siswa Kelas V SDN 48 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NILDA_FITRI_93839_1912_2016.pdf] Text
final_B1_6_NILDA_FITRI_93839_1912_2016.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran membaca pemahaman dilaksanakan dengan menyuruh siswa secara langsung membaca teks bacaan , tanpa menerapkan tata cara membaca pemahaman yang benar .Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review and Reflect). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review and Reflect) bagi siswa di kelas V SDN 48 Kuranji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 48 Kuranji. Waktu untuk mengadakan penelitian ini dilaksanakan pada semester II (Januari-Juli) tahun ajaran 20112012 di SDN 48 Kuranji. Teknik pengumpulan data adalah kualitatif yaitu dengan menggunakan pengamatan dan memberikan soal evaluasi kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Adapun hasil penelitian siklus I menunjukkan rata –rata pada tahap prabaca 63,78%, tahap saat baca 69,65% dan pada tahap pascabaca 64,50% dengan persentase 66,00%), sedangkan pada siklus II memperoleh rata–rata pada tahap prabaca 73,28%, tahap saat baca 79,06% dan pada tahap pascabaca 81,71% dengan persentase (80,15%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas V SDN 48 Kuranji Kota Padang, penggunaan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review and Relect) terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan perolehan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, model pembelajaran SQ4R, siswa kelas V, SDN 48 Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:33
Last Modified: 31 Jul 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19218

Actions (login required)

View Item
View Item