Putri, Winda (2017) Pengaruh Media Gambar Seri terhadap KeterampilanMenulis Narasi Siswa Kelas IV di SD Negeri 06 PadangBesi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WINDA_PUTRI_1300518_3463_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_WINDA_PUTRI_1300518_3463_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WINDA_PUTRI_1300518_3463_2017.pdf
Download (679kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalammenulis narasi, siswa sulit menuangkan ide dan gagasan serta penggunaan ejaan, tata bahasa, tanda baca dalam menulis narasi. Tujuan penelitian adalah untukmelihat pengaruh media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswakelas IV di SD Negeri 06 Padang Besi Kota Padang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini ada 2, yaituvariabel bebas (gambar seri) dan variabel terikat (menulis narasi). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 06 Padang Besi dengan teknikpengambilan sampel total sampling, yaitu 22 siswa kelas eksperimen dan 22siswakelas kontrol. Insrtumen penelitian ini berupa tes non-objektif (uraian). Teknikanalisis data menggunakan uji analisis deskriptif dan uji analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis).
Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menulisnarasi dengan menggunakan media gambar seri (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan rata-rata ketempilan menulis narasi dengan tidak menggunakanmedia gambar seri (kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest yang diperolehkelaseksperimen yaitu 68,1 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol 68,4. Setelahdilakukan treatment pada kelas eksperimen, maka diperoleh tara-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 82, 2 dan kelas kontrol sebesar 75,45. Hasil analisis data dari pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik separatedvarian T-Test diperoleh thitung sebesar 6,601 dan ttabel 2,021. dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 2,021 < 6,601, sehingga dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswakelas IV di SD Negeri 06 Padang Besi Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Seri, Menulis Narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19217 |