Wahyuni, Sri (2012) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa Kls VI SDN 14 Jati Tanah Tinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_WAHYUNI_95497_2357_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_WAHYUNI_95497_2357_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_WAHYUNI_95497_2357_2012.pdf
Download (238kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran PKn dikelas VI masih dilaksanakan secara konvensional. Guru mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sementara siswa hanya menerima informasi dari guru.Sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guru dikelasnya sendiri.Penelitian ini dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dimana siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa .Hasil peningkatan RPP siklus I pertemuan I 71.43%,siklus I pertemuan II 78.57,siklus II 85.71%.Hasil peningkatan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I pertemuan I 70.83%,aspek siswa 66.7%,pertemuan II aspek guru 79.17%,siswa 75%,dan siklus II dari aspek guru 91,7%,siswa 87.5%.Hasil belajar siswa pada aspek afektif 72 serta pada aspek psikomotor 73 dan aspek kogitif untuk penilaian hasil pada siklus I diperoleh nilai 66.1(44.4%) dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu pada aspek afektif dengan nilai rata-rata 72 serta pada aspek psikomotor 77 dan aspek kognitif diperoleh nilai 78.1(83.3%) .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HAsil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19210 |