Vandana, Audea Rinda (2017) Pengaruh Model Team Quiz terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_AUDEA_RINDA_VANDANA_1300567_3744_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_AUDEA_RINDA_VANDANA_1300567_3744_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_AUDEA_RINDA_VANDANA_1300567_3744_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran IPS di SD dewasa ini menunjukkan bertentangan dari apa yang diharapkan seperti halnya pelaksanaan pembelajaran IPS kurang melibatkan pengalaman langsung, kurangnya interaksi yang terjadi antarsiswa dalam pembahasan materi, siswa juga kurang diberikan waktu untuk mengemukakan gagasan-gagasannya. Model Team Quiz merupakan model yang berpusat kepada siswa yakni dengan memberdayakan semua potensi pada siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif bertanya dan menjawab serta menghargai pendapat teman. Sehingganya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Quiz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan yakni dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih yang terdiri dari kelas IV A, IV B, IV C, IV D dan IV E. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (3,637) > t tabel (1,668). Hasil belajar IPS perolehan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol pada materi teknologi transportasi, ditunjukkan dari rata-rata nilai kelompok eksperimen yakni 82,12 dan rata-rata nilai yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 73,18. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Team Quiz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Quiz,Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19209 |