Nilawati, Nilawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Acievement Divisions ( STAD ) Di Kelas V SD N 04 Ranah Batahan Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NILAWATI_58337_409_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NILAWATI_58337_409_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NILAWATI_58337_409_2013.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan yaitu di Kelas V SD N 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat bahwa hasil belajar PKn masih rendah dengan hal ini disebabkan oleh ketidaktepatan guru menggunakan pendekatan dalam pembelajaran. melihat fenomena di atas peneliti tertarik menerapkan Pendekatan Kooperatif STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan pendekatan kooperatif tipe STAD di kelas V SD N 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I pertemuan I 78% kualifikasi baik pertemuan II, 82% kualifikasi baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni pertemuan I 92% kualifikasi sangat baik, pertemuan II 96% kualifikasi sangat baik, sedangkan hasil pengamatan tentang pelaksanaan pembelajaran dari segi guru pada siklus I pertemuan I adalah: 84% kualifikasi baik, pertemuan II 90% kualifikasi sangat baik, pada siklus II pertemuan I 93% kualifikasi sangat baik, pertemuan II 96% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan tentang pelaksanaan pembelajaran dari segi siswa pada siklus I pertemuan I adalah 87% kualifikasi sangat baik, Pertemuan II 87% kualifikasi, pada siklus II pertemuan I 93% kualifikasi sangat baik, pertemuan II 96% kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar pada Siklus I pertemuan I 63,55 dengan persentase ketuntasan 50% kualifikasi kurang, Pertemuan II 68,8 dengan persentase ketuntasan 60% kualifikasi cukup. Penelitian dilanjutkan pada siklus II, pertemuan I 75 dengan persentase ketuntasan 75% kualifikasi baik, dan pada pertemuan II mengalami peningkatan yakni 77,5 dengan persentase ketuntasan 90% kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan kooperatif STAD dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; PKn;Kooperatif tipe STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19200 |