Peningkatan Kreativitas Menggambar Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar di PAUD Fawwaz Kids Punggung Kasik Kecamatan Lubuk Alung

Syahniar, Syahniar (2015) Peningkatan Kreativitas Menggambar Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar di PAUD Fawwaz Kids Punggung Kasik Kecamatan Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SYAHNIAR_58791_2540_2015.pdf] Text
B1_4_SYAHNIAR_58791_2540_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa paktor yaitu: disebabkan
antaranya media pembelajaran yang kurang menarik, pembelajaran yang hanya
menitikberatkan pada membaca dan berhitung saja, pembelajaran yang masih
berpusat pada guru serta lingkungan yang kurang kondusif dan penggunaan
metode yang kurang inovatif sehingga membuat anak bosan dan kurang dapat
memunculkan ide kreatifnya.
Jenis peneltitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek
penelitian Kelompok B anak PAUD Fawwaz Kids dengan Jumlah anak 14 orang,
9 laki-laki, 5 perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa
observasi, dokumentasi, potho anak waktu kegiatan menggambar dan hasil karya
anak, alat pengumpulan data format observasi dan dokumentasi dan selanjutnya
diolah dengan teknik persentase.
Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode
Bercerita Dengan Media Gambar dapat meningkatkan kreativitas menggambar
pada anak, meningkat dari kondisi awal pada siklus I dan siklus II. Peningkatan
kreativitas menggambar terutama pada kreativitas kelancaran ide anak dalam
menggambar, variasi ide anak dalam menggambar dan keluwesan ide anak dalam
menggambar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kreativitas Menggambar Anak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:37
Last Modified: 31 Jul 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19199

Actions (login required)

View Item
View Item