Pembelajaran Tari Selayang Pandang di Panti Sosial Bina Netra “Tuah Sakato” Padang

Rilantia, Risna (2019) Pembelajaran Tari Selayang Pandang di Panti Sosial Bina Netra “Tuah Sakato” Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Risna_Rilanti_14023126_879_2019.pdf] Text
final_B1_06_Risna_Rilanti_14023126_879_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan pembelajaran tari Selayang Pandang untuk siswa tunanetra di PSBN TUAH SAKATO Padang.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap 6 orang kelayan, wawancara terhadap instruktur dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti buku catatan dan kamera digital/ kamera handphone. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengamati, mendeskripsikan data, dan menyimpulkan hasil pembahasan. Hasil pembelajaran Tari Selayang Pandang berjalan dengan baik ditunjukkan dengan hasil evaluasi dari 6 anak yang 4 diantaranya sudah mencapai nilai kategori baik, 1 orang anak mencapai kategori sangat baik, dan hanya 1 orang anak dengan kategori cukup. Dengan demikian proses pembelajaran tari di PSBN TUAH SAKATO adalah berhasil, karena meskipun anak cacat dapat menari sebagaimana anak yang normal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tari, Tari Selayang Pandang, Pendidikan seni untuk tunanetra.
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:19
Last Modified: 31 Jul 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19193

Actions (login required)

View Item
View Item