Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan

Astuti, Winda (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WINDA_ASTUTI_17129098_2095_2021.pdf] Text
final_B1_06_WINDA_ASTUTI_17129098_2095_2021.pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan yangmenunjukkan kurangnya guru melibatkan peserta didik dalammenggali danmenemukan sendiri konsep dan belum memotivasi peserta didik dalampelaksanaan pembelajaran, hal ini terlihat saat memulai pembelajaran gurulangsung masuk ke topik pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didikbelum mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadumenggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN10 LubukBuaya Pesisir Selatan
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapyaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah28orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan non-tes
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh presentase 79,16% dan pada siklus II meningkat menjadi 94.44%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I memperoleh 82,14%dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh 82.14% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilanyaitu 76,72 dengan persentase ketuntasan 69,64% dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan menjadi 89 denganpersentase ketuntasan 96,42%. Penelitian ini menunjukkan model ProblemBased Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IVSDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Peningkatan hasil belajar, Pembelajaran tematik terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:18
Last Modified: 31 Jul 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19192

Actions (login required)

View Item
View Item