Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 09 V Koto Kampung Dalam

Erlina, Eli (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 09 V Koto Kampung Dalam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELI_ERLINA_1108344_5996_2015.pdf] Text
final_B1_6_ELI_ERLINA_1108344_5996_2015.pdf

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang selama ini masih berpusat kepada guru, siswa tidak terlibat langsung dalamproses pembelajaran, dan metode yang digunakan belum bervariasi. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn belum mencapai target KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang muncul berwujud kata-kata dan pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka nilai siswa. Data penelitian berupa informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian siklus I dari aspek RPP diperoleh rata-rata 71,25%, dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 89,2% dengan kriteria amat baik. Pada aspek guru siklus I diperoleh hasil 75% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 96,4% dengan kriteria amat baik, sedangkan dari aspek siswa pada siklus I diperoleh hasil 71,3% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 92,8% dengan kriteria amat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 70,8 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 83,6 dengan kriteria amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran PKn dengan model cooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 09 V Koto Kampung Dalam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PKN, Model Cooperatif Think Pair Share (TPS), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil belajar, Siklus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:17
Last Modified: 31 Jul 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item
View Item