Novri, Risky (2017) Upaya Menumbuhkan Minat Siswa dengan Pemberian Penguatan dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RISKY_NOVRI_1205435_1237_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_RISKY_NOVRI_1205435_1237_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RISKY_NOVRI_1205435_1237_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pemberian penguatan dalam pembelajaran Seni Budaya (Musik) untuk menumbuhkan minat siswa di SMP Negeri 6 Padang. Dalam proses pembelajaran Seni Budaya yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 6 Padang ada kecendrungan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan minat belajar siswa rendah. Proses pembelajaran dikelas VIII-6 SMP Negeri 6 Padang, minat belajar dalam bentuk aktifitas kurang maksimal. Hal ini disebabkan cara mengajar (keterampilan mengajar) guru belum mampu meningkatkan minat siswa. Untuk itu perlu dikembangkan keterampilan guru dalam mengajar yang dapat meningkatkan minat siswa dan meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu keterampilan mengajar yang dapat memenuhi harapan tersebut adalah pemeberian penguatan (reinforcement) sehingga pembelajaran Seni Budaya menjadi lebih menarik belajar minat siswa untuk mempelajarinya. Bentuk pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru berupa verbal dan non verbal yang berguna untuk membuat siswa merasa lebih aktif dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses belajaranya. Pemberian penguatan verbal berupa kata-kata atau lisan dan pemberian penguatan non verbal berupa tindakan atau gestur yang dilakukan oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya dalam memberikan penguatan pada siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 6 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis dilakukan melalui klasifikasi data, deskripsi, dan analisis, serta simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian penguatan yang berkualitas dan efektif dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Seni Budaya (Musik) serta hasil penelitian ini diperoleh dengan menganalisa data dari hasil pengamatan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Pemberian penguatan (reinforcement), Pembelajaran seni budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19181 |