Safitri, Wenni (2012) Hubungan Persepsi tentang Pertumbuhan Fisik dengan Kepercayaan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINNI SAFITRI 88103_6744_2012.pdf [thumbnail of B1_5_WINNI SAFITRI 88103_6744_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINNI SAFITRI 88103_6744_2012.pdf
Download (869kB)
Abstract
Pertumbuhan fisik merupakan salah aspek yang sangat penting bagi remajadalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan yang berhubungan dengankepercayaan diri. Siswa yang mempunyai persepsi yang baik tehadappertumbuhan fisik yang dimilikinya maka akan tumbuh rasa percaya diri dalamdiri siswa tersebut. Sebaliknya apabila siswa mempunyai persepsi yang tidak baikterhadap pertumbuhan fisik yang dimilikinya maka akan menimbulkan sikap tidakpercaya diri dalam diri siswa tersebut. Kenyataannya sebagian siswa memandangdirinya kurang memiliki tubuh yang ideal dalam pertumbuhan fisiknya. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran persepsi tentang pertumbuhan fisiksiswa di SMP Negeri 21 Padang, (2) gambaran kepercayaan diri siswa di SMPNegeri 21 Padang, (3) hubungan persepsi tentang pertumbuhan fisik dengankepercayaan diri siswa di SMP Negeri 21 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional.Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 21 Padang yangberjumlah 615 orang dan jumlah sampel sebanyak 86 orang yang diambil denganpenggunaan teknik proportional random sampling.Instrumen yang digunakanadalah angket penelitian.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanrumus persentase. Untuk melihat hubungan persepsi tentang pertumbuhan fisikdengan kepercayaan diri siswa digunakan rumus product moment correlationdengan menggunakan program SPSS for windows release 15.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) persepsi tentangpertumbuhan fisik siswa di SMP Negeri 21 Padang tergolong pada kategori baik(2) kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 21 Padang tergolong pada kategorisangat baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentangpertumbuhan fisik dengan kepercaayaan diri siswa di SMP Negeri 21 Padang padataraf signifikansi 0,01 dengan r hitung sebesar 0,557. Berdasarkan hasil temuandiharapkan kepada guru pembimbing untuk dapat merancang program layananyang tepat bagi siswadalam penanganan masalah yang berhubungan denganpersepsi tentang pertumbuhan fisik dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERTUMBUHAN FISIK, KEPERCAYAAN DIRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19177 |