Lusiana, Herlin (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dendang dengan Menggunakan Metode Belajar Mandiri di SMK Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HERLIN_LUSIANA_15023011_5729_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_HERLIN_LUSIANA_15023011_5729_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HERLIN_LUSIANA_15023011_5729_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui apakah
penggunaan metode belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan
untuk memberikan solusi bagi guru dalam permasalahan manajemen waktu pada
mata pelajaran dendang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif analitis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan
dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat perekam, kamera, infocus dan
alat tulis. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalahobservasi, dokumentasi,
wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisi data adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar mandiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dendang kelas XI jurusan
Karawitan SMKN 7 Padang. Metode ini dianggap tepat karena dapat
mengoptimalkan penggunaaan waktu serta materi pada mata pelajaran dendang.
Penjelasan materi dan praktek dapat tercapai optimal dikarenakan siswa juga dapat
memanfaatkan waktu belajar diluar kelas secara berkelompok. Efeknya adalah
siswa dapat bertukar pikiran dengan teman sebaya serta lebih luwes untuk
mengembangkan keterampilan mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19175 |