Kontribusi Minat Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan Pada Mata Pelajaran Merakit Personal Computer (PC) Di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Ferdian, Ferdian (2012) Kontribusi Minat Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan Pada Mata Pelajaran Merakit Personal Computer (PC) Di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FERDIAN_74117_1048_2012.pdf] Text
final_B1_6_FERDIAN_74117_1048_2012.pdf

Download (554kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran Merakit Personal Computer (PC) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang adalah ≥ 75 dengan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 44,24% siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi minat belajar dan hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Merakit Personal Computer (PC) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Merakit Personal Computer (PC) melalui pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Perakitan Merakit Personal Computer (PC). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berjumlah 113 orang. Sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan metoda Proportional Random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan proporsional (sebanding). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 19.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 6,093 sedangkan ttabel sebesar 2,008 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan r2 (r square) sebesar 0,421 atau KP = 42,1% (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 6,020 sedangkan ttabel sebesar 2,008 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan r2 (r square) sebesar 0,415 atau KP = 41,5% (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh Fhitung sebesar 23,391 sedangkan Ftabel sebesar 3,183 dengan df2 = n-k-1, pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan Fhitung > Ftabel , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R2 (R square) sebesar 0,483 atau KP = 48,3%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, minat belajar, gaya belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:48
Last Modified: 31 Jul 2025 02:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item
View Item