Angrise, Windi (2014) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINDI_ANGRISE_04169_5814_2014.pdf [thumbnail of B1_5_WINDI_ANGRISE_04169_5814_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINDI_ANGRISE_04169_5814_2014.pdf
Download (596kB)
Abstract
Keluarga merupakan institusi pertama tempat anak di didik. Peran orangtuadalam mendidik anak, merawat anak sangat berpengaruh terhadap tumbuhkembang anak sangat berpengaruh tumbuh kembang anak dan juga kemampuananak untuk berinteraksi dengan orang lain, yang menentukan tingkat kecerdasaninterpersonalnya.Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorangdalam menjalin hubungan antar pribadi dengan orang lain yang ada disekitarnyasecara efektif.Penelitian ini berbentuk deskriptif korelasional yang bertujuan untukmengetahui gambaran tentang pola asuh orangtua dengan kecerdasaninterpersonal siswa. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X, XI, dan XIMANPadang Japang yang terdaftar pada tahun 2013/2014. Sampel ditarik denganteknik Propotional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket.Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi, menggunakan rumusPearson Product Moment Correlation.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)kecenderunganpola asuh orangtuasiswa MAN Padang Japang (pola demokratis) dengan persentase(46,15%)2)kecerdasan interpersonal siswa MAN Padang Japang lebih banyakpada kategori sedang (kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan oranglain 40,23%, kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan orang lain 31,58%,kemampuan untuk menciptakan hubungan yang baik 48,08%) 3)terdapathubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasaninterpersonal siswa.besarnya hubungan antara pola asuh orangtua dengankecerdasan interpersonal siswa MAN Padang Japang Payakumbuh (PearsonCorrelation) sebesar 0,586.Dari hasil temuan peneliti diharapkan kepada calon orangtua agar dapatmenerapkan pola asuh yang terbaik untuk anaknya, dan bagi orangtua agarmeningkatkan dan memperbaiki pola asuh yang selama ini kurang efektif.Bagisiwa mengetahui bagaimana pentingnya pola asuh orangtua terhadap kecerdasaninterpersonalnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POLA ASUH ORANGTUA, POLA ASUH ORANGTUA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19133 |