Umami, Nila Permata Sari (2012) Perbandingan Kompetensi IPA Fisika Siswa Antara Penerapan Metode Team Quiz dengan Learning Tournament dalam Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Nila Permata Sari Umami_2008.pdf [thumbnail of final_B1_6_Nila Permata Sari Umami_2008.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Nila Permata Sari Umami_2008.pdf
Download (434kB)
Abstract
Rendahnya kompetensi belajar siswa di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung disebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Metode Team Quiz dan Learning Tournament dalam pembelajaran kooperatif dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan kompetensi IPA fisika siswa antara penerapan metode Team Quiz dengan Learning Tournament dalam pembelajaran kooperatif di kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung pada ranah kognitif dan afektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII reguler SMPN 1 2X11 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling sehingga terpilih kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian meliputi kompetensi belajar pada ketiga ranah, yaitu kognitif dan afektif serta pelaksanaan pembelajaran. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif dan format observasi pelaksanaan pembelajaran. Data kompetensi ranah kognitif dan afektif dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua ratarata sedangkan data pelaksanaan pembelajaran dianalisis melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 1 adalah 71,71 sedangkan kelas eksperimen 2 adalah 64,79. Ranah afektif, aktivitas dan tingkah laku siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 memenuhi kriteria baik. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 76,54 sedangkan kelas eksperimen 2 adalah 68,69. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Hal ini terbukti melalui grafik pelaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan. Oleh karena itu hipotesis kerja (H ) yang berbunyi “Terdapat perbedaan yang berarti kompetensi IPA fisika siswa antara penerapan metode Team Quiz dengan Learning Tournament dalam pembelajaran kooperatif di kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung pada ranah kognitif dan afektif secara kuantitatif” diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian metode Team Quiz dalam pembelajaran kooperatif lebih tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode team quiz, metode learning tournament, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19130 |