Hardianto, Hendro (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Musik (Pianika) di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HENDRO_HARDIANTO_96651_683_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_HENDRO_HARDIANTO_96651_683_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HENDRO_HARDIANTO_96651_683_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pengawasan guru pada
saat siswa latihan pianika baik di dalam kelas maupun di luar kelas, menyebabkan
banyak siswa hanya menirukan teman sebelahnya dan tidak mengerti membaca
partitur. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian
mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran musik (pianika) di SMP
Pembangunan Laboratorium UNP.
Objek penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran musik (pianika).
Teknik pengambilan data melaksanakan observasi dan studi pustaka. Teknik
analisis data mengklasifikasikan data primer dan data sekunder, kemudian
dianalisis sesuai dengan masalah penelitian. Kemudian disusun secara sistematis
dan di simpulkan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa
belum mampu memainkan lagu Kambanglah Bungo menggunakan pianika
dengan baik. Berdasarkan pencapaian hasil dari kegiatan yang dilakukan belum
berdasarkan perencanaan yang matang. Terlaksananya proses pembelajaran yang
baik atau tidaknya itu tergantung kepada guru yang bersangkutan dalam mengajar.
Maka sudah seharusnya guru yang hendak mengajar menguasai materi ajar atau
bahan ajar yang akan diajarkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran musik (Pianika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19124 |