Noviardi, Isfan (2014) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Teknologi Plus Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ISFAN_NOVIARDI_1207482_5417_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_ISFAN_NOVIARDI_1207482_5417_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ISFAN_NOVIARDI_1207482_5417_2014.pdf
Download (544kB)
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam peningkatan mutu sumber daya manusia. Untuk itu perlu dilakukan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Dengan pelaksanaan Sistem Manajamen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 diharapkan juga mampu merubah persepsi siswa terhadap sekolah dan memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas X di SMK Teknologi Plus Padang terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Teknologi Plus Padang dan untuk mengungkap hubungan antara persepsi siswa terhadap Impelementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Teknologi Plus Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Angket yang disebarkan telah dilakukan uji validitas isi (content validity) dan validitas butir (construct validity) yang hasilnya disusun dalam bentuk skala Likert. Teknik analisa data yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 21 dengan persyaratan pengujian analisa yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Hipotesa dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Teknologi Plus Padang. Besarnya hubungan adalah 0.288 yang dikategorikan pada kategori rendah dengan tingkat pencapaian responden persepsi siswa terhadap implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 adalah 81,57 % yang dikategorikan baik dan tingkat pencapaian responden siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah 79,14 % yang dikategorikan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Manajemen Mutu, Persepsi Siswa, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19119 |