Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 05 Timbulun Sutera

Ningsih, Sri Rahayu (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 05 Timbulun Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI_RAHAYU_NINGSIH_57215_269_2016.pdf] Text
final_B1_6_SRI_RAHAYU_NINGSIH_57215_269_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPS masih didominasi oleh guru dan belum menggunakan pendekatan yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Sehingga berakibat siswa kurang siap, siswa belum berperan melakukan diskusi dengan sungguh-sunguh, dan siswa kurang memahami materi pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus satu dua kali pertemuaan dan siklus dua juga dua kali pertemuaan. Hasil penelitian terhadap RRP siklus I 71,44% (cukup) pada siklus II 78,57% (baik). Hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru siklus I 66,66% (cukup) pada siklus II 91,67% dengan (baik). Hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 62,5% (cukup) pada siklus II 95,83% (sangat baik). Hasil belajar pada siklus I aspek kognitif 63,00% (cukup), aspek afektif 63,95% (cukup), dan aspek psikomotor 65,20% (cukup) pada siklus II aspek kognitif 84,50% (baik), aspek kognitif 78,95% ( baik), dan aspek psikomotor 82,10% (baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:12
Last Modified: 31 Jul 2025 02:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item
View Item