Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Teknik Paired Storytelling di kelas V SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam

Asri, Sri Rahayu (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Teknik Paired Storytelling di kelas V SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI_RAHAYU_ASRI_93500_3261_2016.pdf] Text
final_B1_6_SRI_RAHAYU_ASRI_93500_3261_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam, bahwa keterampilan menulis narasi peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan teknik pembelajaran menulis narasi yang digunakan guru kurang tepat. Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan teknik Paired Storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan teknik paired storytelling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 11 Pahambatan Kabupaten Agam. Kegiatan ini difokuskan pada pelaksanaan tahap pra penulisan, saat penulisan, dan pasca penulisan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus terjadi peningkatan. Terlihat dari hasil kegiatan guru adalah 81% dan kegiatan guru siklus adalah 97%, kegiatan peserta didik adalah 81% dan kegiatan peserta didik siklus II adalah 93%. Presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I tahap pra penulisan 60%, tahap penulisan 45%, tahap pasca penulisan 45%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu pra penulisan 85%, penulisan 75%, dan pasca penulisan 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi, Teknik Paired Storytelling
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:08
Last Modified: 31 Jul 2025 02:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item
View Item